Kamis, 20 Oktober 2011

Komputer sebagai elemen dalam sistem informasi

Arsitektur computer
Unit yang paling penting adalah central prosesing unit (CPU), yang mengendalikan semua sistem komputer lain dan mengubah input menjasi output. CPU mencakup suatu unit penyimpanan yang disebut penyimpanan primer (primary storage), biasanya disebut main memory. Primary storage berisi data yang sedang diolah dan program, yaitu suatu instruksi yang mengolah data. Istilah perangkat lunak (software)digunakan untuk menggambarkan satu atau beberapa program.Unit pengendali (control unit) membuat semua unit bekerja sama sebagai satu system, dan Arithmetic and logic unit (ALU) adalah tempat berlangsungnya perhitungan dan logika. Nama processor digunakan untuk menggambarkan control unit dan ALU yang mengolah isi penyimpanan primer. Satu atu bebrerapa unit input memasukkan data ke dalam penyimpanan primer. Karena penyimpanan primer kapasitasnya terbatas, diperlukan area penyaimpanan tambahan, yang disebut penyimpanan sekunder. Penyimpanan sekunder (secondary storage) menyediakan tempat untuk menyimpan program dan data ketika tidak digunakan. Program yang sisimpan disebut koleksi perangkat lunak (software library) dan data yang disimpan disebut database. Hasil pengolahan tersebut dicatat oleh unit output.

Penyimpanan primer
Komputer pertama menggunakan magnetic drum dan magnetic core untuk penyimpanan primer. Core ini merupakan potongan-potongan material logam kecil berbentuk donat seukuran kepala jarum yang mudah dimagnet. Kawat-kawat yang membentang melalui core mengubah medan magnet dan menentukan status magnetiknya. Sejak tahun 1964, penyimpanan yang terbuat dari integrated circuit mulai menggantikan drum dan core.

Bit dan byte
Sekarang kapasitas penyimpanan integrated circuit diukur dalam megabit (MB) atau jutaan bit data. Satu bit adalah posisi penyimpanan elektronik , yaitu nyala atau mati, dan kombinasi dari bit tersebut membentuk satu byte, atau satu karakter. Istilah kilobyte (disingkat KB) digunakan untuk menggambarkan 1.000 byte. Sebenarnya karena cara pembuatan integrated circuit, satu kilo byte adalah 1.024 byte. Demikian pula, satu megabyte, atu MB, bukanlah 1 juta byte, tetapi 1.024, atu 1.048.576 byte.

Berbagai bentuk penyimpanan
Penyimpanan primer ada dalam berbagai bentuk yang memberikan beragam kemampuan dalam hal operasi kecepatan. Bentuk tersebut adalah random accwss memory, read-only memory dan cache memory.
Random acces memory

Ketika membaca literature computer mikro anda mungkin menemui istilah RAM dan ROM. RAM adalah singkatan untuk random access memory dan merupakan nama yang diberikan pada integrated circuit yang berfungsi sebagi bagian penyimpanan primer yang digunakan untuk menyimpan perangkat lunak dan data. RAM memungkinkan operasi baca maupun tulis tetapi juga disebut mudah hilang (volatile) karena isinya hilang bila daya listrik dimatikan.

Read-Only memory
Jenis khusus dari penyimpanan primer dapat dibaca tetapi tidak dapat ditulisi. Jenis ini disebut ROM, read-only memory. Anda dapat membaca indtruksi dan data yang telah didimpan sebelumnya dalam ROM, tetapi anda tidak dapat mengubah isinya dengan menulis diatasnya. Pembuat computer menggunakan ROM untuk menyimpan material seperti instruksi-instruksi yang memberitahukan computer apa yang harus dilakukannya saat dinyalakan. ROM bersifat tidak mudah hilang (nonvolatile) dalam arti isinya tidak terhapus ketika daya listrik system dimatikan.


Cache memory
Perpindahan instruksi program dan data antara penyimpanan primer dan processor (unit pengendali dan ALU) dicapai pada kecepatan yang sangat tinggi. Operasi itu hanya membutuhkan 50 nanosecond. Satu nanosecond adalah satu per miliar dari satu detik. Walau ini cukup cepat , sejumlah computer mampu mencapau kecepatan lebih tinggi dengan menyertakan jumlah terbatas dari RAM khusus yang sangat cepat dan sangat mahal yang ditempatkan diantara RAM biasa dan processor . RAM jenis dikenal sebagai cache memory. Isi cache memory diperiksa oleh processor sebelum processor mencari instruksi program atau data pada RAM biasa. Jika cache memory mempunyai isi yang dibutuhkan pengambilan dapat dilakukan dengan lebih cepat datipada jika dengan RAM biasa. Kapasitas penyimpanan primer terus menungkat selama era computer. Computer mainframe pertama hanya memiliki 4KB penyimpanan ;computer mikro sekatang yang digunakan sebagai small business system dapat memiliki 96 MB atau lebih penyimpanan.

Unit input
Keyboard
Alat penunjuk
Meskipun tombol panan memungkinkan perpindahan cursor, banyak perangkat lunak modern yang dirancang untuk memanfaatkan alat penunjuk (pointing device). Alat alat tersebut adalah mouse, trackball, touch screen, light pen, dan unit remote control.
Alat input otomasi data sumber
Meskipun input computer dapat dilaksanakan cukup cepat oleh operator berpengalaman dengan menggunakan keyboard dan alat penunjuk, kecepatanya lebih lambat daripada kecepatan computer. Kecepatan input manusia diukur dalan jumlah karakter per detik atau kata per menit, sementera kecepatan pemrosesan internal computer diukur dalam utaan instruksi per detik( million of instruction per second- MPIS). Kecepatan input yang relative lambat dapat menciptakan antrian onput dari data yang menunggu untuk dimasukan ke dalam computer. Sejumlah perusahaan telah mengurangi antrian input dengan menggunakan otomasi data sumber (source data automation) -SDA. SDA mengacu pada penbacaan data langsung dari dokumen atau objek. Terdapat dua teknologi dasar, yaitu pembacaan optis (optic reading) dan pembacaan magnetis (magnetic reading). Untuk pembacaan optis pendekatan ini disebut OCR, atau optical character recognition,ada beberapa kelas unit pembaca optic ; optical mark reader, barcode reader, optical character. Untuk alat pembaca magetis bentuk otomasi data pertama yang berhasil adalah magnetic ink.
Alat input pengenal suara

Unit output
Alat output tampilan
Alat output yang paling popular bagi pemakai adalah layat tampilan (display screen), juga disebut sebagai monitor, cathide ray tube (CRT), atau video display terminal (VDT). Layar tampilan digunakan oleh semua ukuran computer dan hampit selalu disertai keyboard. Sebagian besar layer menggunakan teknologi CRT, tetapi computer portable menggunakan panel datar (flat panel). Teknologi panel datar terdiri dari liquid crystal display atau plasma display yang hanya memerlukan tempat tipis, seperti tutup computer jinjing.
Alat output cetakan
Alat output yang disebut printer menghasilkan output salinan kertas. Ada tiga jenis printer;line printer yang merupakan contoh dari impact printer,character printer contohnya dotmatrix,page printer contohnya desktop printer.
Alat output suara
Plotter sejumlah pemakai computer pertamakali adalah para insinyur dan ilmuan yang memerlukan grafik. Alat output khusus yang disebut plotter ditancang untuk memenuhi kebutuhan ini.
Microform nama microfilm diberikan pada semua teknologi seperti itu dengan istilah microfilm untuk film dalam bentuk gulungan dan microfiche untuk film dalan bentuk lembaran. Dengan microformdokumen kertas satu ruangan penuh dapat disimpan dalam sedikit gulungan atau lembaran yang muat dalam laci meja.
Output grafik



PERANGKAT LUNAK

Perangkat lunak system
Perangkat lunak system malaksanakan tugas-tugas dasar tertentu yang diperlukan semua pemakai lomputer. Ada tiga macam dasar perangkat lunak system-sistem operasi (operating system), program utility, penerjemah bahasa computer (language translator).
System operasi system operasi mengelola proses computer, berfungsi sebagai interface perangkat keras. Contoh ; DOS, UNIX, WINDOWS dan OS/2 Warp dll
Program utility program utility, atau sering hanya disebut utility, adalah suatu routine yang memungkinkan pemakai untuk melakd\sanakan operasi pemrosesan data dasar tertentu yang tidak unik pada satu aplikasi pemakai tertentu. Utility memungkinkan pemakai untuk mencopy file,menghapus file, mengurutkan isi file, menggabungkan dua file atau lebih dan menyiapkan pemakaian media penyimpanan yang dapat dipindahkan.Utility lain memungkinkan manajer operasi computer memulihkan file yang hilang atau rusak, memantau kinerja system, bahkan mengendalikan arus data antara pemakai dan computer.
Penerjemah bahasa perangkat keras lomputer telah berkembang melalui beberapa generasi. Pada generasi pertama, sirkuit elektroniknya merupakan tabung hampa. Generasi kedua dan ketiga menggunakan integrated circuit. Setelah titik itu, generasi-generasi berikutnya kurang terlihat bedanya dan ilmuan computer kehilangan minat melacak evolusi kooooomputer, namun perangkat lunak berbeda. Perangkat lunak juga dapat dikategorikan dalam generasi-generasi dan kategorinya masih terus dibuat.

Perangkat lunak aplikasi
Perangkat lunak aplikasi mempropses data perusahaan. Perangkat lunak itu dapat diperoleh dengan dua cara yaitu membuat program sendiri atau membeli paket.
Multi media adalah suatu usaha untuk mengintegrasikan beberapa bentuk input dan output yang berbeda. Harga perangkat keras dan perangkat lunak multi media yang terus turun menyebabkan teknologi ini ditetapkan dalam semua subsistem CBIS

Tidak ada komentar:

Posting Komentar